Hardware Komputer Laptop dan komputer Hardware Komputer Build Up CCTV Online Murah

PUSAT HARDWARE IT TERMURAH|JASA PEMASANGAN CCTV ONLINE|PUSAT LAPTOP & SPAREPART|KOMPUTER MURAH & BERKUALITAS|JASA PEMASANGAN ABSEN FINGERPRINT

Trik Membeli Laptop Baik Baru atau Bekas

Di era digital seperti saat ini, semua profesi memerlukan yang namanya teknolgi komputer. Tentu kita juga akan di bimbangkan dengan keadaan dimana kita memerlukan komputer atau laptop. Namun kita awam untuk hal tersebut.



Berikut ini kami menyajikan sedikit tips praktis yang mudah untuk di ikuti siapa saja, baik guru, pelajar, PNS, Pegawai Swasta, atau bahkan wiraswasta yang ingin mencari laptop baru maupun bekas.

Kenapa kok kita menyarankan laptop sebagai media pendukung teknologi. Karena dengan laptop yang memiliki sifat praktis dan juga dinamis, laptop dapat dibawa kemanapun sobat pergi, sobat bisa mengejakan tugas atapaun menyelesaikan pekerjaan tanpa terkendala masalah tempat. Namun dalam menentukan laptop seperti apa yang cocok atau sesuai dengan kebutuhan kita bukanlah perkara yang sepele.

Ditambah lagi sekarang bayaknya merek atau produk yang muncul ke pasaran membuat kita bingung, laptop manakah yang harus kita beli dan spek sperti apakah itu ?. Karena
tidak sedikit dari mereka yang meyesal setelah membeli laptop karena kurangnya pengetauhan mereka akan laptop itu sendiri.

Bukan hanya sekedar harga murah saja yang di jadikan pertimbagan, tetapi spesifikasi, merek dan suku cadang dari laptop itu sendiri, bahkan termasuk sistem operasi yang di gunakan, hampir semua brand laptop telah menanamkan sistem operasi dari microsoft yaitu Windows 8 dan 10. Semua hal tersebut juga harus di perhatikan. Berikut saya telah merangkum tips-tips ketika akan membeli laptop.



Kebutuhan

Hal ini merupakan hal terpenting tetapi sering di lupakan banyak orang. Sebaiknya sebelum membeli
pikirkan terlebih dahulu akan digunakan untuk apa nantinya laptop tersebut. Bedakan yang namanya keinginan dengan kebutuhan, terkadang orang membeli hanya sekedar ingin memiliki. Mungkin bagi orang kemampuan ekonominya tinggi hal tersebut tidak jadi masalah buatnya, tetapi bagaimana dengan orang yang mempunyai biasa atau rata-rata. Kita harus pikirkan betul-betul hal tersebut.

Spesifikasi

Spesifikasi merupakan kumpulan kompunen perangkat keras yang digunakan sebagai penyusun sebuah laptop. Setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai merek dan model yang ditawarkan. Spesifikasi laptop terutama pada komponen bagian dalam merupakan panduan membeli laptop yang penting sobat lakukan supaya megetahui isi dari sebuah laptop tersebut. Spesifikasi apa yang harus sobat perhatikan
  1. Prosesor : Perhatikan kecepatan kinerja prosesor itu sendiri danb mereknya
  2. VGA (Vidio Gravik Adapter) : Besarnya memori VGA, jika sobat mencari laptop Gaming lantas harus besar pula kapasitas dari memori VGA.
  3. RAM ( Random Acces Memori) Besarnya kapasitas dari RAM, Memori RAM yang akan mempengaruhi lemot tidaknya suatu latop, jika mepunyai kapasitas RAm yang besar maka semakin cepat pula kinerjanya.
  4. Hardisk : Berapakah kapasitas yang sobat perlukan, Hardisk ini nanti yang akan menampung semua data-data user.
  5. Koneksi : Laptop tersebut menggunakan fitur wirelles ataupun bluetooth
  6. Baterai : Barapa lama baterai laptop itu sangup bertahan.

Alokasi Dana

Alokasi dana sangatlah penting untuk membeli laptop, karena jika tidak menggunakan hal ini kita tidak bisa membeli laptop :) Harga juga akan menentukan merek dan model laptop yang akan kita beli. Jadi semakin tinggi harga laptop maka semakin tinggi pula sepesifikasi dan fitur yang di tawarkan.

Merk atau Brand

Banyak orang beranggapan bahwa ketika akan membeli laptop jangan melihat merek. Untuk orang yang berpendapat seperti itu memnag tidak salah tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Disarankan ketika kita membeli laptop tidak ada salahnya jika kita mencari atau melihat merk, hal ini di dasari karena katika kita mempunyai laptop yang merekjnya jarang di temui di sekeliling kita. Maka hal tersebut juga akan berdampak ketika kita melakukan perbaikian dikarenakan yang bermerk sama juga memiliki kerusakan yang sama meskipun dapat dikatakan prosentasenya kecil tetapi setidaknya masih satu merk itu akan memudahkan kita dalam memperbaiki permasalahan yang terjadi. Jadi kesimpulannya belilah laptop yang merknya paling banyak ditemui di lingkungan kita dan tidak perlu merk yang harus terkenal.

Ukuran Layar

Tentukan ukuran layar yang ingin sobat gunakan. hal ini juga tidak dapat sobat abaikan, karena ketika salah memilih ukuran layar akan membuat sobat tidak nyaman ketika memakainya. Berikut type-type ukuran layar yang dapat sobat pilih
  • 11"-13". Apabila Kegiatan sobat bayak berpindah-pindah tempat selma menggunakan laptop, ukuran

  • 11"-14" Merupakan pilihan yang pas. Laptop layar kecil memiliki bobot yang ringan dan yang pasti tidak membuat sobat cepat letih ketika menjinjingnya.

  • 13"-14". Ukuran layar laptop yang nyama untuk digunakan segala keperluan, serta memiliki bobot yang tidak terlalu berat .

  • 15" Pilihan ukuran laptop yang cocok, apabila kegiatan sobat banyak di lakukan dalam satu tempak atau tidak berpindah-pindah. Layar berukuran segini juga cocok untuk bermain game, dan semua hal yang berhubungan dengan multimedia, tetapi juga cocok untuk keperluan editing teks.

  • 17" Laptop ukuran segini sering di gunakan untuk bermain game dan melakukan editing vidio yang panjang serta untuk desain gravis dan yang pasti tidak nyaman untuk di bawa kemana-mana karena beban laptop yang terlalu berat

 Cek Kondisi Barang

Hal ini mutlak dilakukan ketika kita akan membeli laptop baru yang pada dasarnya ketika barang itu baru maka kondisinyapun seharusnya tidak ada cacat, keciali kita membeli laptop dalam keadaan secon. Hal-hal di bawah ini yang harus sobat perhatikan ketika penjual megeluarkan laptop dari dalam kardus :
  • Cek segel yang menempel pada kardus apakah masih bagus atau tidak. Jika terlihat rusak atau bekas di segel ulang maka jangan malu-malu untuk mengatakan kepada penjualnya agar diganti unit yang lainnya. Hal ini menghindari penggantian ulang komponen laptop yang telah keluar dari pabriknya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  • Cek juga kelengkapan barangnya, pada laptop yang konvensional dalam artrian banyak dipakai masarakat. Didalam kardusnya akan terdapat 1 unit laptop, 1 unit adaptor charger, 1 unit kabel power, 1 unit buku panduan, 1 unit buku registrasi, 1 unit DVD panduan penggunaan dan 1 unit DVD driver. Sobat harus megecek apakah semua barang tersebuat ada didalam kardus.

  • Perhatikan secara teliti kondisi barang tersebut. Jangan sampai ada cacat di seluruh permukaan bodi. Periksa setiap ujung-ujungnya apakah terlihat  adanya goresan atau bahkan mungkin ada yang pecah.

  • Ketika sudah di nyalakan, periksa dengan cermat kondisi layar apakah ada dead pixel atau tidak. Dead pixel sendiri dapat di artikan sebagai kerusakan yang terjadi pada pixel layar. Biasanya pixel yang mati akan menimbulkan warna putih/hitam yang seterusnya ataupaun  hanya ada salah satu warna yang mati dalam piksel tersebut dan menjadi berwarna merah, hijau, biru, kuning, merah muda.

  • Periksa charger apakah berkerja secara baik dan normal lalu periksa setiap permukaan kabel baik yang dicolokkan di laptop maupun yang dicolokkan ke listrik apakah ada yang terkelupas. Kemudian cek baterainya juga apakah dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Jarak Antara Tombol Keyboard

Mengetik merupakan kegiatan utama kita ketika menggunakan sebuah laptop. Faktor desain keyboard juga mempegaruhi kenyamanan sobat ketika mengetik di atasnya. Lihatlah sebrapa jari sobat dan juga seberapa jauh jarak antara tombol keyboard, cobalah mengitik diatasnya dan rasakan sobat nyaman tidak dengan desain keyboard itu.

Touchpad

Secara default laptop memang tidak menggunakan mouse maliankan touchpad sebagai alat pengerak kursor. namun menggunakan touchpad, desain dan cara mengoperasikan touchpad pada setiap laptop adakalanya berbeda. Pilihlah touchpad yang nyaman untuk sobat gunakan.

Sistem Operasi Yang Digunakan

Laptop yang di jual banyak di pasaran saat ini biasanya menyertakan software operating system (OS) jadi satu dalam paket penjualannya. Jadi kita tidak perlu lagi mengistal OS karena telat teristal di dalam laptop tersebut. Banyak versi windows yang tersebar di pasaran ada Windows 7, Windows 8, dan WIndows 10, pilihlah Sistem operasi yang menurut sobat mudah dalam pengopasiannya.

Hybrid Atau Tradisional

Sejak Os Windows diperbarui Windows 8 dan 10, laptop memiliki bentuk yang dapat berubah-udah. Dari semula yang berbentuk biasa, direntangkan 180°, hinga layar yang dapat di pisahkan dari keyboard sehingga meyerupai sebuah tablet. Pedoman membeli laptop hybrid membuat sobat harus merogoh kocek dalam-dalam  di danding dengan membeli laptop tradisional atau biasa.

Masa Hidup Baterai

Laptop didesain untuk dapat berpindah-pindah dan tidak berpaku dengan sumber listrik. Namun yang menjadi masalah ketika sumber listrik tidak mudah di temukan di suatu tempat, yang sedangkan energi listrik merupakan kekuatan utama dari latop itu sendiri. Saat ini sudah banyak laptop yang beredar di pasaran yang menawarkan daya tahan atau masa hidup baterai yang panjang. Umumnya baterai laptop tradisional hanya mampu memberi energi listrik selama 2 hingga 3 jam dan tergantung program yang dijalankan. Namun laptop model sekarang seperti ThinkPad X240 mampu memberi energi listrik lebih dari 10 jam.

Masa Garansi

Setiap produsen laptop mempunyai masa garansi yang berbeda. Laptop A misalnya mempunyai garansi 2 tahun dan sobat dapat klaim garansinya bisa sobat dapatkan di mana saja. Pastikan garansi yang di berikan sesuai dengan yang tercantum dalam situs resmi. Carilah Brand yang menawarkan masa garansi yang cukup panjang meliputi jasa servis dan juga penggantian sparepart (replace, diganti baru komponen yang bermasalah). Perlu diperhatikan bahwa  kerusakan yang terjadi disini yang meliputi garansi dan tidak perlu mengeluarkan biaya adalah kerusakan yang bukan disebabkan oleh pengguna melainkan oleh cacat pabrik dan juga kerusakan karna lingkungan alam seperti bencana tsunami, banjir, gempa bumi dan yang lainnya.

Kesimpulan...

Sobat harus banyak bertanya ke pada si penjual ketika hendak membeli laptop jangan malu untuk bertanya dari pada sobat menyesal setelah membelinya. Siapa yang rugi, kita sendirikan oleh karena itu Terapkan tips-tips di atas sebelum sobat membelinya. Atau konsultasikan dengan penjual yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Silahkan sobat bertanya-tanya jika ada yang masih di bingungkan.

Bagikan Ini:

CONVERSATION